Kuliah Perilaku Konsumen
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233
Aryanda Anwar Sanusi
Aryanda Anwar Sanusi
Departemen Silvikultur (www.silvikultur.fahutan.ipb.ac.id)
Fakultas Kehutanan
(www.fahutan.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor
(www.ipb.ac.id)
Isi Kuliah :
Arti Konsumen dan Perilaku Konsumen dari Perspektif Konsumen Perilaku Konsumen adalah suka menawar--membandingkan produk dan harga--menyukai merek--yang trendi--rela antri--konsumen itu raja--ingin dihargai--mencari produk yang baik.
Beberapa Definisi Perilaku Konsumen dikemukakan oleh penulis.
a. Proses pengambilan keputusan dan aktivitas fisik dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan dan menghabiska barang atau jasa. (Loudon dan Della-Bitta, 1993)
b. Perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. (Winardi, 1991)
c. Perilaku yang dikaitkan dengan “preferences” dan “possibilities”. (Deaton dan Muellbauer, 1986) d. Perilaku konsumen merupakan pegkajian dari perilaku manusia sehari-hari (Mullen dan Johnson, 1990)
e. Interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita, dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup kita (Peter dan Olson, 2010)
f. Studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses-proses pertukaran yang terjadi dalammendapatkan, mengkonsumsi, menyimpan barang, jasa, pengalaman, dan ide (Mowen dan Minor, 1998)
Perspektif Riset Perilaku Konsumen
a. Perspektif Pengambilan Keputusan
b. Perspektif Eksperiensial (Pengalaman)
c. Perspektif Pengaruh Behavioral
Dimensi Perilaku Konsumen
1. Bagaimana ia mendapatkannya? Maka ia akan melakukan hal-hal berikut.
a. Menemukan
b. Menerima
c. Memproduksi
d. Memperoleh warisan
e. Membeli
2. Bagaimana ia mengkonsumsinya? Makai a akan melakukan hal-hal berikut.
a. Memakan
b. Meminum
c. Memakai
d. Menggunakan
e. Membaca
f. Menonton
g. Memiliki
h. Mengendarai
i. Menempati
j. Merawat
3. Bagaimana ia menghilangkan sisa konsumsi atau bagian yang tidak dikonsumsi?
a. Memberikan
b. Membuang
c. Mendaur ulang
d. Menjual kembali
Mengapa Kita Mempelajari Perilaku Konsumen
1. Perilaku konsumen menarik dan dinamis menggambarkan perkembangan disekeliling konsumen. 2. Perusahaan dapat mengetahui keinginan konsumen.
3. Memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis ke berbagai negara.
4. Pemahaman yang baik mengenai perilaku konsumen.
Manfaat Mempelajari Perilaku Kosumen
1. Membantu para pimpinan perusahaan.
2. Memeberikan pengetahuan dan teori-teori konsumen kepada para peneliti.
3. Membantu anggota DPR merancang perlindungan kepentingan konsumen.
4. Membantu konsumen agar dapat membuat keputusan dengan bijak.
5. Meningkatkan pemahaman berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku manusia sebagai konsumen.
6. Analisis konsumen menjadi landasan manajemen pemasaran.
7. Perilaku konsumen memegang peran yang penting dalam pengembangan kebijakan publik.
Siapa yang Harus Mempelajari Perilaku Konsumen?
1. Pemasar
2. Pegiat Pendidikan dan Perlindungan Konsumen
3. Pemerintah dan Anggota Legislatif
Perbedaan Individu
1. Motivasi
2. Kepribadian
3. Konsep diri
4. Pengolahan informasi dan persepsi
5. Proses belajar
6. Pengetahuan
7. Sikap
8. Agama
Faktor Lingkungan Konsumen
1.Budaya
2. Karakteristik Demografi, Sosial, dan Ekonomi
3. Keluarga
4. Kelompok acuan
5. Lingkungan dan situasi konsumen
6. Teknologi
Proses Keputusan Konsumen
1. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif.
2. Proses Keputusan Konsumen: Pembelian, Konsumsi, dan Kepuasan.
3. Tanggung Jawab Sosial terhadap Konsumen
4. Iklan yang Menyesatkan dan Mengelabui Konsumen
Pemasaran dan Perilaku Konsumen
Pemasaran adalah suatu proses bagaiman mengidentifikasi kebutuhan konsumen kemudia barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen tersebut dan meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan barang atau jasa tersebut.
Konsep Pemasaran adalah suatu konsep bisnis yang menekankan bahwa strategi pemasaran yang berhasil adalah strategi yang dibangun berdasarkan kepada pemahaman yang lebih baik dari perilaku konsumen.
Pemahaman yang baik kepada perilaku konsumen akan membantu para manajer pemasaran untuk melakukan hal-hal berikut.
a. Analisis Lingkungan
Faktor yang harus diamati dan dievaluasi adalah sebagai berikut.
- Demografi
- Ekonomi
- Alam
- Teknologi
- Politik
- Budaya
b. Riset Pasar
c. Segmentasi
Dasar untuk melakukan segmentasi adalah sebagai berikut.
- Karakteristik Konsumen:
1. Demografi
2. Perilaku konsumen
3. Profil psikografik
4. Karakteristik personal
- Situasi:
1. Definisi tugas
2. Kondisi anteseden
3. Waktu
4. Lingkungan fisik
5. Lingkungan sosial
- Geografi:
1. Batas negara
2. Wilayah
3. Batas provinsi
4. Urban/rural
5. Kode pos/blok sensus
- Budaya:
1. Norma, nilai, adat, dan kebiasaan
2. Sub-kultur
d. Positioning dan Diferensiasi
e.Bauran Pemasaran
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology
(www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University
(www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN,MSc
www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah Senin Siang 18 September 2017
Arti Konsumen dan Perilaku Konsumen dari Perspektif Konsumen Perilaku Konsumen adalah suka menawar--membandingkan produk dan harga--menyukai merek--yang trendi--rela antri--konsumen itu raja--ingin dihargai--mencari produk yang baik.
Beberapa Definisi Perilaku Konsumen dikemukakan oleh penulis.
a. Proses pengambilan keputusan dan aktivitas fisik dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan dan menghabiska barang atau jasa. (Loudon dan Della-Bitta, 1993)
b. Perilaku yang ditunjukan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan menggunakan barang-barang ekonomi dan jasa. (Winardi, 1991)
c. Perilaku yang dikaitkan dengan “preferences” dan “possibilities”. (Deaton dan Muellbauer, 1986) d. Perilaku konsumen merupakan pegkajian dari perilaku manusia sehari-hari (Mullen dan Johnson, 1990)
e. Interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita, dimana manusia melakukan pertukaran dalam hidup kita (Peter dan Olson, 2010)
f. Studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses-proses pertukaran yang terjadi dalammendapatkan, mengkonsumsi, menyimpan barang, jasa, pengalaman, dan ide (Mowen dan Minor, 1998)
Perspektif Riset Perilaku Konsumen
a. Perspektif Pengambilan Keputusan
b. Perspektif Eksperiensial (Pengalaman)
c. Perspektif Pengaruh Behavioral
Dimensi Perilaku Konsumen
1. Bagaimana ia mendapatkannya? Maka ia akan melakukan hal-hal berikut.
a. Menemukan
b. Menerima
c. Memproduksi
d. Memperoleh warisan
e. Membeli
2. Bagaimana ia mengkonsumsinya? Makai a akan melakukan hal-hal berikut.
a. Memakan
b. Meminum
c. Memakai
d. Menggunakan
e. Membaca
f. Menonton
g. Memiliki
h. Mengendarai
i. Menempati
j. Merawat
3. Bagaimana ia menghilangkan sisa konsumsi atau bagian yang tidak dikonsumsi?
a. Memberikan
b. Membuang
c. Mendaur ulang
d. Menjual kembali
Mengapa Kita Mempelajari Perilaku Konsumen
1. Perilaku konsumen menarik dan dinamis menggambarkan perkembangan disekeliling konsumen. 2. Perusahaan dapat mengetahui keinginan konsumen.
3. Memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis ke berbagai negara.
4. Pemahaman yang baik mengenai perilaku konsumen.
Manfaat Mempelajari Perilaku Kosumen
1. Membantu para pimpinan perusahaan.
2. Memeberikan pengetahuan dan teori-teori konsumen kepada para peneliti.
3. Membantu anggota DPR merancang perlindungan kepentingan konsumen.
4. Membantu konsumen agar dapat membuat keputusan dengan bijak.
5. Meningkatkan pemahaman berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku manusia sebagai konsumen.
6. Analisis konsumen menjadi landasan manajemen pemasaran.
7. Perilaku konsumen memegang peran yang penting dalam pengembangan kebijakan publik.
Siapa yang Harus Mempelajari Perilaku Konsumen?
1. Pemasar
2. Pegiat Pendidikan dan Perlindungan Konsumen
3. Pemerintah dan Anggota Legislatif
Perbedaan Individu
1. Motivasi
2. Kepribadian
3. Konsep diri
4. Pengolahan informasi dan persepsi
5. Proses belajar
6. Pengetahuan
7. Sikap
8. Agama
Faktor Lingkungan Konsumen
1.Budaya
2. Karakteristik Demografi, Sosial, dan Ekonomi
3. Keluarga
4. Kelompok acuan
5. Lingkungan dan situasi konsumen
6. Teknologi
Proses Keputusan Konsumen
1. Proses Keputusan Konsumen: Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Informasi, dan Evaluasi Alternatif.
2. Proses Keputusan Konsumen: Pembelian, Konsumsi, dan Kepuasan.
3. Tanggung Jawab Sosial terhadap Konsumen
4. Iklan yang Menyesatkan dan Mengelabui Konsumen
Pemasaran dan Perilaku Konsumen
Pemasaran adalah suatu proses bagaiman mengidentifikasi kebutuhan konsumen kemudia barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen tersebut dan meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan barang atau jasa tersebut.
Konsep Pemasaran adalah suatu konsep bisnis yang menekankan bahwa strategi pemasaran yang berhasil adalah strategi yang dibangun berdasarkan kepada pemahaman yang lebih baik dari perilaku konsumen.
Pemahaman yang baik kepada perilaku konsumen akan membantu para manajer pemasaran untuk melakukan hal-hal berikut.
a. Analisis Lingkungan
Faktor yang harus diamati dan dievaluasi adalah sebagai berikut.
- Demografi
- Ekonomi
- Alam
- Teknologi
- Politik
- Budaya
b. Riset Pasar
c. Segmentasi
Dasar untuk melakukan segmentasi adalah sebagai berikut.
- Karakteristik Konsumen:
1. Demografi
2. Perilaku konsumen
3. Profil psikografik
4. Karakteristik personal
- Situasi:
1. Definisi tugas
2. Kondisi anteseden
3. Waktu
4. Lingkungan fisik
5. Lingkungan sosial
- Geografi:
1. Batas negara
2. Wilayah
3. Batas provinsi
4. Urban/rural
5. Kode pos/blok sensus
- Budaya:
1. Norma, nilai, adat, dan kebiasaan
2. Sub-kultur
d. Positioning dan Diferensiasi
e.Bauran Pemasaran
Komentar
Posting Komentar